Minggu, 16 Desember 2012

PENDIDIKAN DAN LATIHAN TENAGA PENGAJAR PAUD


Dipenghujung semester ganjil Tahun 2012, Perguruan Islam Banil Authon mengadakan kegiatan pelatihan guna meningkatkan mutu dan kompetensi tenaga pengajar di Banil Authon, membekali mereka dengan pengetahuan dan administrasi pembelajaran yang baik untuk dapat diterapkan di semester genap Tahun pelajaran 2012-2013, terkhusus rencana kegiatan semester, mingguan dan harian.

Pelatihan yang dilaksanakan hari minggu, 16 Desember 2012 itu diselenggarakan dengan mengudang beberapa penyelenggara PAUD yang ada dilabuhanbatu agar berkenan mengikuti pelatihan bersama, dengan mengundang nara sumber yang sudah dikenal dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu yaitu ibu Asriyani selaku ketua IGTKI Labuhanbatu. Alhamdulillah acara yang dijadwalkan dapat terselenggara dengan baik, walau ada beberapa peserta yang semula ingin ikut namun karena kepentingan yang mendesak dan lainnya akhirnya mereka ijin demikian juga ibu Kepala Seksi yang semula berniat hadir namun karena masih dalam perjalanan pulang dari kabupaten pak-pak Barat seusai mengikuti peringatan hari Aksara juga berhalangan hadir. Ketua Tim PKK sei berombang selaku penyelenggara PAUD sioldengan juga hadir sebagai peserta sekitar setengah jam acara berlangsung

Acara dimulai pukul 09.00 wib dibuka oleh mualimah Murni Ritonga,SE dilanjutkan kata sambutan oleh panitia penyelenggara Yakni kepala sekolah RA Banil Authon, beliau mengucapkan selamat datang serta mengaharapkan peserta dapat bersungguh-sungguh walau harus meninggalkan keluarga serta dihari yang seharusnya dapat digunakan untuk liburan namun karena panggilan jiwa sebagai seorang pendidik tetap megikuti pelatihan, dilanjutkan dengan doa oleh bapak Mustafa Kamal Nasution,S,Pd.I (ketua Yayasan banil Authon). Selanjutnya forum sepenuhnya diserahkan kepada ibu nara sumber untuk memandu pelatihan.

Dengan gaya khasnya yang serius namun penuh canda, nara sumber mampu menarik perhatian peserta, diawali dengan pemahaman tentang profesi guru serta karakter peserta didik, kemudian dikupas secara mendalam cara penyusunan administrasi guru yaitu RKH dan silabus diajarkan bagaimana menyusun program Tahunan, semester, mingguan dan harian, beliau juga memandu sampai peserta benar-benar menguasai materi yang disampaikannya. Setelah RKH disusun beliau meminta untuk mikro teaching dengan salah seorang peserta maju memperagakan teknik mengajar dengan mengacu pada RKH yang telah disusun, dimana peserta lainnya menjadi peserta didiknya. Mualimah Murni Ritonga,SE (guru banil Authon) yang memerankan diri sebagai pendidik memulai kegiatan mikro teching diawali dengan pijakan awalnya sampai pada inti dan pemberian tugasnya  benar-benr harus mangacu pada tema baik lagu, dan lainnya sehingga anak didik benar-benar memahami tema yang disampaikan, terlihat sesekali ibu nara sumber mengingatkan mualimah murni apabila terdapat ketidak sesuaian dengan tema maupun bahasa.

Hari yang begitu berkesan dan mendapat sejumlah pengetahuan, betapa tidak peserta juga dimanjakan dengan lagu lagu dan adegan-adegan lucu sesama peserta, ditambah lagi kreasi menempel dan seni melipat kertas yang disampaikan nara sumber dan ajudan beliau.
Diantara beberapa catatan ringan lainnya dari materi yang disampaikan adalah :


PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN

  1. PAUD      Suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir usia 6 Tahun Dilakukan melalui rangsangan  guna membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani menuju pendidkan lebih lanjut
  2.  TK            :             bentuk satuan pendidikan PAUD pada jalur pendidikan formal yang mnyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4-6 tahun
  3. Kurikulum : seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi , bahan pelajaran serta cara yangdigunakan sebagai pedoman penyelengaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. 
  4. Kurikulum TK  :    adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, bidang pengembangan, dan penilaian serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
  5. Program pembelajaran : proses interaksi peserta didik dengan pendidik / atau sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  6. Penilaian   :  suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis , berkala , berkelanjutan , menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran. 
  7. Silabus   :  seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran , pengelolaan kelas, penilaian proses dan hasil pencapaian perkembangan.

    BIDANG PENGEMBANGAN  :  2
    1.      Pembentukan perilaku
    a.      Nilai – nilai Agama dan moral
    b.      Sosial Emisonal
    2.      Kemampuan dasar
    1.      Bahasa :       menerima bahasa
    Mengungkap bahasa
    Keaksaraan
    2.      Kognitif :      Pengetahuan umum dan sains
    Konsep bentuk warna ukuran dan pola
    Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf
    3.      Fisik  :            motorik kasar
    Motorik halus
    Kesehatan

Dibalik acara yang sudah terselenggara ada hal besar yang menjadi catatan kebahagian tersendiri bagi ketua yayasan terkhusus bagi pertumbuhan kreatifitas guru banil authon adalah, keakraban yang begitu kental saling membutuhkan dan kompak, terlihat dari awal persiapan ditambah lagi semangat kerja dan cinta lembaga pendidikan tempat mereka mengabdi sangat terasa. Nyata dari sekian hasil karya tangan olah pemikiran cerdas mereka yang ditampilkan. Terima kasih dan sukses buat para mualimah semua.

Ketika jam sudah menunjukkan pukul 15.30 acara pun diakhiri oleh pembawa acara, dan bagi mualimah dari sekolah lainnya seperti RA Asshobriyah,  dan yang dari tebing linggahara diucapkan terima kasih dan kiranya dapat menyampaikan hasil pendidikan pada pimpinan dan mengamalkan ilmunya disekolah masing-masing, selamat bersua dieven lainnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar