Dipenghujung semester ganjil
Tahun 2012, Perguruan Islam Banil Authon mengadakan kegiatan pelatihan guna
meningkatkan mutu dan kompetensi tenaga pengajar di Banil Authon, membekali
mereka dengan pengetahuan dan administrasi pembelajaran yang baik untuk dapat
diterapkan di semester genap Tahun pelajaran 2012-2013, terkhusus rencana
kegiatan semester, mingguan dan harian.
Pelatihan yang dilaksanakan hari
minggu, 16 Desember 2012 itu diselenggarakan dengan mengudang beberapa
penyelenggara PAUD yang ada dilabuhanbatu agar berkenan mengikuti pelatihan
bersama, dengan mengundang nara sumber yang sudah dikenal dilingkungan Dinas
Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu yaitu ibu Asriyani selaku ketua IGTKI
Labuhanbatu. Alhamdulillah acara yang dijadwalkan dapat terselenggara dengan
baik, walau ada beberapa peserta yang semula ingin ikut namun karena kepentingan
yang mendesak dan lainnya akhirnya mereka ijin demikian juga ibu Kepala Seksi
yang semula berniat hadir namun karena masih dalam perjalanan pulang dari
kabupaten pak-pak Barat seusai mengikuti peringatan hari Aksara juga
berhalangan hadir. Ketua Tim PKK sei berombang selaku penyelenggara PAUD
sioldengan juga hadir sebagai peserta sekitar setengah jam acara berlangsung
Acara dimulai pukul 09.00 wib
dibuka oleh mualimah Murni Ritonga,SE dilanjutkan kata sambutan oleh panitia
penyelenggara Yakni kepala sekolah RA Banil Authon, beliau mengucapkan selamat
datang serta mengaharapkan peserta dapat bersungguh-sungguh walau harus
meninggalkan keluarga serta dihari yang seharusnya dapat digunakan untuk
liburan namun karena panggilan jiwa sebagai seorang pendidik tetap megikuti
pelatihan, dilanjutkan dengan doa oleh bapak Mustafa Kamal Nasution,S,Pd.I
(ketua Yayasan banil Authon). Selanjutnya forum sepenuhnya diserahkan kepada
ibu nara sumber untuk memandu pelatihan.
Dengan gaya khasnya yang serius
namun penuh canda, nara sumber mampu menarik perhatian peserta, diawali dengan
pemahaman tentang profesi guru serta karakter peserta didik, kemudian dikupas
secara mendalam cara penyusunan administrasi guru yaitu RKH dan silabus
diajarkan bagaimana menyusun program Tahunan, semester, mingguan dan harian,
beliau juga memandu sampai peserta benar-benar menguasai materi yang
disampaikannya. Setelah RKH disusun beliau meminta untuk mikro teaching dengan
salah seorang peserta maju memperagakan teknik mengajar dengan mengacu pada RKH
yang telah disusun, dimana peserta lainnya menjadi peserta didiknya. Mualimah Murni
Ritonga,SE (guru banil Authon) yang memerankan diri sebagai pendidik memulai
kegiatan mikro teching diawali dengan pijakan awalnya sampai pada inti dan
pemberian tugasnya benar-benr harus
mangacu pada tema baik lagu, dan lainnya sehingga anak didik benar-benar
memahami tema yang disampaikan, terlihat sesekali ibu nara sumber mengingatkan
mualimah murni apabila terdapat ketidak sesuaian dengan tema maupun bahasa.
Hari yang begitu berkesan dan
mendapat sejumlah pengetahuan, betapa tidak peserta juga dimanjakan dengan lagu
lagu dan adegan-adegan lucu sesama peserta, ditambah lagi kreasi menempel dan
seni melipat kertas yang disampaikan nara sumber dan ajudan beliau.
Diantara beberapa catatan ringan
lainnya dari materi yang disampaikan adalah :
PENGEMBANGAN PROGRAM
PEMBELAJARAN
- PAUD Suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir usia 6 Tahun Dilakukan melalui rangsangan guna membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani menuju pendidkan lebih lanjut
- TK : bentuk satuan pendidikan PAUD pada jalur pendidikan formal yang mnyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4-6 tahun
- Kurikulum : seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi , bahan pelajaran serta cara yangdigunakan sebagai pedoman penyelengaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.
-
Kurikulum TK : adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, bidang pengembangan, dan penilaian serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
- Program pembelajaran : proses interaksi peserta didik dengan pendidik / atau sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
- Penilaian : suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis , berkala , berkelanjutan , menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran.
-
Silabus : seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran , pengelolaan kelas, penilaian proses dan hasil pencapaian perkembangan.BIDANG PENGEMBANGAN : 21. Pembentukan perilakua. Nilai – nilai Agama dan moralb. Sosial Emisonal2. Kemampuan dasar1. Bahasa : menerima bahasaMengungkap bahasaKeaksaraan2. Kognitif : Pengetahuan umum dan sainsKonsep bentuk warna ukuran dan polaKonsep bilangan, lambang bilangan dan huruf3. Fisik : motorik kasarMotorik halusKesehatan
Dibalik acara yang sudah
terselenggara ada hal besar yang menjadi catatan kebahagian tersendiri bagi
ketua yayasan terkhusus bagi pertumbuhan kreatifitas guru banil authon adalah,
keakraban yang begitu kental saling membutuhkan dan kompak, terlihat dari awal
persiapan ditambah lagi semangat kerja dan cinta lembaga pendidikan tempat
mereka mengabdi sangat terasa. Nyata dari sekian hasil karya tangan olah
pemikiran cerdas mereka yang ditampilkan. Terima kasih dan sukses buat para
mualimah semua.
Ketika jam sudah menunjukkan
pukul 15.30 acara pun diakhiri oleh pembawa acara, dan bagi mualimah dari
sekolah lainnya seperti RA Asshobriyah, dan yang dari tebing linggahara diucapkan
terima kasih dan kiranya dapat menyampaikan hasil pendidikan pada pimpinan dan
mengamalkan ilmunya disekolah masing-masing, selamat bersua dieven lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar